Kunci Keberkahan Harta

Akhlaq,ekonomi,Sosial | Wednesday, October 28th, 2009
kalung emas

kalung emas

Kekayaan yang Allah berikan kepada manusia merupakan titipan sementara. Sebagian manusia mendapatkan titipan itu dengan jumlah yang besar dan sebagian yang lain mendapatkannya dengan jumlah kecil. Namun, menurut ajaran Islam, keberkahan harta benda itu tidak ditentukan oleh besaran jumlahnya.

Harta kekayaan seseorang akan berkah jika pemiliknya melakukan amalan-amalan sesuai dengan tuntunan Islam. Berikut amalan-amalan yang dimaksud. Pertama, syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang dikaruniakan kepadanya.

Allah berfirman, “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan. Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim [14]: 7).

Kedua, silaturahim. Amalan ini merupakan upaya menyambung tali persaudaraan antar sesama manusia: merajut dan memperkuat ukhuwah Islamiyah (persaudaraan Muslim) dan ukhuwah insaniyah (persaudaraan sesama manusia). Praktik ini dapat melapangkan rezeki dari Allah.

Abu Hurairah RA menyampaikan sebuah hadis Nabi SAW yang berkaitan dengan hal ini, “Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya ia menyambung tali kekerabatan (silaturahim).” (HR Bukhari).

Ketiga, menafkahkannya di jalan Allah. Berkembangnya harta dipengaruhi juga oleh faktor di mana ia dibelanjakan. “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan, Allah Mahaluas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah [2] ayat 261).

Keempat, senantiasa melakukan kebaikan. Segala kebaikan akan kembali kepada pelakunya. Kebaikan itu akan membuahkan keberkahan dan kebahagiaan. Dalam Alquran, dijelaskan, “Jika kamu berbuat baik, (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu.” (QS Al-Isra’ [17]: 7).

Kelima, berzakat dan bersedekah. Zakat dan sedekah akan membersihkari harta seseorang karena di dalamnya terdapat hak orang lain. Allah berfirman, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka. Dengan zakat itu, kamu membersihkan dan menyucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya, doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan, Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. At Taubah [9]: 103).

Itulah lima amalan yang akan mendatangkan keberkahan harta kekayaan. Semoga Allah menurunkan keberkahan-Nya dari langit dan bumi melalui harta kekayaan yang kita miliki.

Penulis : Ahmad Soleh

Related Posts with Thumbnails



Related Articles


6 Comments »

  1. makasi dah mampir ya bang..
    blognya bagus.

    islami banget…
    hehehe

    Comment by heLga Gaga — 30 October 2009 @ 7:11 pm

  2. DIAWALI DENGAN BISMILLAH, semoga semua amalan kita berbarokah, BERKEMBANG.

    Comment by MZ ARIFIN. — 1 November 2009 @ 2:39 pm

  3. DIAWALI DENGAN BISMILLAH, semoga semua amalan kita berbarokah, BERKEMBANG.
    SEMOGA BERHASIL APA YG ANDA CITA2KAN.

    Comment by MZ ARIFIN. — 1 November 2009 @ 2:40 pm

  4. Terimakasih ya Allah segala puji bagi Engkau, melalui situs ini hamba sedikit demi sedikit telah mengetahui apa apa yang seharusnya hamba lakukan dan yang tidak boleh hamba lakukan, ilmu ini seperti pengingat hamba dikala lupa dan menambah kekuatan hamba untuk memperbaiki sedikit demi sedikit jalan hidup hamba dalam mensyukuri nikmat yang telah Engkau berukan.

    Terimakasih pula yang sebesar-besarnya kepda penegelola situs ini, semoga Allah memberikan pahala yang berlipat lipat.

    sekali lagi terimakasih

    Comment by Asep Junaedi — 12 November 2009 @ 9:03 pm

  5. Terimakasih
    Kami ijin download tuk buletin kami

    Comment by Lagan — 30 September 2010 @ 4:04 pm

  6. @lagan: silahkan pak, selama digunakan untuk syiar islam dan kebaikan umat

    Comment by unduk — 11 October 2010 @ 4:28 pm

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment